Saturday, June 6, 2015

Community Service Teach For Indonesia

Nama: Jaya Mahardika
Nim: 1701311165


*azika=aqilah

Pada matakuliah CB3: intrepersonal development kami mendapatkan tugas untuk melakukan 10 Jam commity service, kami mengajar TK. TK tersebut benrnama TK Al Ghifari, yang terletak Jalan anggrek,Kebun Jeruk, Jakarta barat. Disana tidak terlalu banyak murid, untuk TK A ada 16 murid dan TK B 8. Saya mendapat giliran untuk mengajar TK B. Proses belajar mengajar di lakukan pada jam 8 pagi, sebelum mulai para murid dan guru harus melakukan doa bersama di depan kelas yang di pimpin oleh guru guru.


Pada hari pertama kami mengajar kami di kenalkan oleh murid dan para murid pun menyambut kami dengan sangat antusias dan bahagia. setelah itu masuk ke dalam kelas dan para murid harus belajar mengaji atau membaca huruf arab. Setelah itu langsung masuk ke pembelajaran kelas dan kami pun yang akan mengajar. Kami menjelaskan apa saja yang ada di dalam desa dan setelah itu kami mengasih tugas kepada murid untuk belajar menulis dan mewarnai.


Setelah itu para murid di bacakan dongeng dan menjawab apa yan di ceritakan atau mengenai dongen tersebut. Saatnya untuk pulang dan para siswa mendapatkan suvenir makanan dari kami.

Hari kedua pun yang di laksanakan pada minggu depanya saya berhalangan hadir karena saya sakit demam yang lemayan parah.

Hari ketiga, kami pun datang dan para murid menyambut kami dengan sangat antusias dan beberapa murid cowo yang bernama habibi dan azika langsung menemui dan mengajak tos kami. Sebelum memulai Pembelajaran kami sepmat bermain bersama dengan para murid. Seperti Hari sebelumnya seblum masuk kelas kami berdoa terlebih dahulu dan melakukan pemanasan


Saatnya unuk masuk kelas, sama seperti sebelumnya para murid harus latihan membaca huruf arab. nah sekarang adalah sesi kelas dan kami memberi materi dan tugas untuk menulis dan mewarnai. Disaat mewarnai azika dan habibi memaikai crayon yang sama, saat habibi memakai warna hijau azika minta dan tidak di kasih, dan azika pun marah marah namun dapat di redakan. Selagi para murid mengerjakan tugasnya kami pun membagika makanan ringan kepada meraka, Karna habibi lebih bagus dalam mengerjakan tugas kami memberi 1 makanan lebih dibanding azika, dan terjadi kecemburuan diantara merka. Azika pun meminta makanan yang dikasihkan kepada habibi cuma ia menolaknya, lalu tiba tiba saja azika memukulnya secara langsung dan terjadi baku hantam diantara mereka ber2, seketika kami langsung melerainya dan membawa pergi azika untuk keluar. Pada akhirnya habibi mengalah kepada azika dan memberikanya makanan tersebut kepadanya. Tidak lamapun waktu pulang telah habis dan kami membacakan dongeng dan memberi pertanyaan kepada murid. Akhir dari hari tersebut adalah yang paling melelahkan dari semua hari, karna terjadi seperti itu.

Gambar Hari ke 3

Hari ke4 atau hari terakhir kami haru mengajar ke TK Al Ghifari. Saya datang lebih awal dari pada teman teman saya, dan saya terlalu pagi datang. Saya pun harus meunggu teman teman datang. Sambil menunggu saya bermain dengan azika dan habibi serta murid murid yang lain. Akhirnya teman teman sayapun datang dan langsung saja untuk memulai doa di depan kelas  dan sehabis doa saya pun izin pamit kepada guru guru dan kepala sekolah serta teman teman karna saya tidak bisah mengikuti pembelajaran karena saya mengisi acara sebagai MC. Sayapun merasa sedih karena ini adalah hai terakhir saya mengajar disana, dan saya mengucapkan terimaksih kepada guru dan kepala sekolah karna diizinkan untuk mengajar. 

*dukumentasi





No comments:

Post a Comment